Sabtu, 26 November 2011

Lanjutan postingan dapat uang dari internet

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari —-> “Terus….Apa saja macam macam blog dan bagaimana cara membuat blog ????besok kita lanjutkan ya……?”<——– . Melalui tulisan ini, saya ingin membahas beberapa macam free blog yang ada di internet. Pilihan mana yang terbaik saya serahkan kepada para pembaca sekalian karena tiap-tiap orang memiliki ‘selera‘ masing-masing.
kita mulai!

1. WordPress.com
WordPress ada dua tipe. Pertama adalah yang ada di WordPress.com yang kapasitasnya sekitar 50 MB. Untuk mendapatkannya Anda cukup sign up ke WordPress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan cepat. Selain WordPress.com ada pula yang beralamatkan di WordPress.org. Untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu baru kemudian melakukan instalasi di web server yang Anda miliki. Kapasitasnya tergantung seberapa besar web hosting yang Anda sewa. Antara yang pertama dan kedua ada perbedaan yang amat mencolok yaitu di sisi kustomisasi. Di WordPress.com, Anda tak bisa mengedit theme yang Anda gunakan karena emang di sana tak disediakan fasilitas theme editor sebagaimana kalau Anda menginstall WordPress di web server Anda sendiri. Selain itu, Anda pun tak bisa menambahkan aneka plugin sebagai pelengkap sebab WordPress.com juga tak menyertakan plugin editor dan fasilitas untuk meng-upload plugin yang ada di internet. Fasilitas yang ada di WordPress secara umum sudah lumayan lengkap. Ada fasilitas upload file (pdf, doc, file gambar, exe dll), penggantian bentuk link, pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multi user dan sebagainya. Satu lagi yang unik dari WordPress adalah ketika kita udah login di account WordPress, maka ketika kita akan memberikan komentar ke blog orang lain yang memakai WordPress juga, kita tak perlu menuliskan nama, alamat blog dan email karena udah otomatis sehingga menghemat waktu.

2. Blogger/blogspot
Blog gratisan yang satu ini tak perlu dibahas lebih dalam lagi karena emang udah sangat terkenal dan dipakai secara luas. Namun saya sendiri kok tak begitu tertarik dengan blog yang satu ini. Maklum aja, sejak awal tampilannya saya tak begitu tertarik. Entah mengapa kok lumayan banyak juga orang yang memakainya. Mungkin karena cukup mudah dan simpel. Apa karena orang-orang udah tahu bahwa blog yang satu ini udah dibeli oleh Search Engine Terkemuka, Google.com ataukah karena anggapan mayoritas orang Indonesia bahwa kalau air minum dalam kemasan itu ya Aqua dan kalau e-mail itu ya Yahoo! …. entahlah. Satu hal aja yang perlu Anda ingat ketika Anda mendaftar di blogger.com maka alamat blog Anda bukannya NAMA-ANDA.blogger.com akan tetapi NAMA-ANDA.blogspot.com, mengapa begitu? Saya sendiri juga tidak tahu!

3. Wokaylah.com
Ini tidak bisa saya jelaskan karena saya belum pernah mencobanya

4. Blogster.com
Ini tidak bisa saya jelaskan karena saya belum pernah mencobanya

5. Blog Rediff (Rediffland.com)
Ini tidak bisa saya jelaskan karena saya belum pernah mencobanya

6. Blogsome.com
Ini tidak bisa saya jelaskan karena saya belum pernah mencobanya

Sebenarnya di internet masih banyak sekali blog gratisan yang bisa Anda coba dan gunakan,baik itu yang tinggal daftar lalu bisa langsung digunakan seperti Tblog.com, Blog.co.uk, iBlog.com, Blogdrive.com, Blogspirit.com ataupun yang harus di-download dahulu lalu dipasang di server seperti Movable Type, SBlog, atau BBlog. Intinya kalau Anda ingin nge-blog, maka sangat banyak pilihan yang bisa Anda coba. Jadi, sudahkah Anda mempunyai blog sendiri di internet?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar